Tentang Kami


JejakLangit.com memiliki nama resmi Jejak Pengamat Langit (selanjutnya disebut JPL). Kami berdiri sejak 10 Oktober 2015. Pendirian JPL diawali dari keinginan kami untuk bisa mengamati Gerhana Matahari Total yang terjadi pada 9 Maret 2016.

Karena penggagas JPL, Madhonna Nur Aini, Gigih Ikhbal dan Riza Miftah Muharram berdomisili di Pulau Jawa (Jawa tidak dilintasi gerhana total, boi!), maka kami bertiga memutuskan untuk "jemput bola" ke wilayah yang dilintasi jalur gerhana total 9 Maret 2016. Dan terpilihlah Pulau Belitung! Selain pulaunya cantik, jaraknya relatif dekat sehingga biaya perjalanan menjadi murah.

Sehari kemudian, JPL membuka pendaftaran peserta untuk tur ke Belitung, selama tiga hari dua malam, 8-10 Maret 2016. Di luar ekspektasi kami, ternyata sangat banyak masyarakat yang mendaftar tur kami. Perjalanan ke Belitung untuk mengamati Gerhana Matahari Total pun siap terealisasi.

Tujuan kami mendirikan JPL tidak lain tidak bukan adalah, menjadi penyelenggara tur astronomi di Indonesia. Tur Gerhana Matahari Total di Belitung tersebut adalah yang pertama, selanjutnya kami mungkin akan berangkat ke gunung untuk mengamati Bima Sakti, atau ke Observatorium Bosscha untuk pengamatan langit, atau sekadar kopi darat di Singapura untuk observasi Gerhana Matahari Cincin tahun 2019 mendatang.

Kini tim JPL telah bertambah menjadi lima orang, dengan tambahan Osep Chaerul Anwar dan Martin Marthadinata.

JejakLangit.com, Jejak Pengamat Langit ataupun JPL siap menjadi bagian dari astronomi Indonesia. Follow Instagram kami @jejaklangitcom untuk mengikuti update tur astronomi kami!

Anda juga bisa follow Instagram tim JPL agar dapat mengenal kami lebih dekat dengan klik tautan di bawah ini:
Madhonna Nur Aini - @dhonna__
Gigih Ikhbal - @masgeh
Riza Miftah Muharram - @rizamuharram
Osep Chaerul Anwar - @osepkaka
Martin Marthadinata - @martin_marthadinata